4 Ilmuwan Berpengaruh Indonesia

Banyak orang yang mungkin memandang sinis penelitian Indonesia tak bisa mempunyai pengaruh bagi dunia. Namun nyatanya, hal itu sungguh sangat keliru. Terbukti ada 4 hasil penelitian yang dianggap punya pengaruh di dunia. 4 Penelitian itu dipaparkan saat perayaan 25 tahun Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

Penelitian pertama adalah penggunaan Aedes Aegypti yang diinjeksi bakteri Wolbachia untuk memberantas demam berdarah. Penelitian ini, dilakukan oleh Dr. Warsito Tantowijoyo. Dia melakukan penelitian sejak tahun 2014, dan telah melepaskan nyamuk Aedes Aegypti ber Wolbachia di sejumlah kecamatan di Yogyakarta.

Alhasil, terdapat indikasi positif dari uji cobanya. Penelitiannya ini, akan dilakukan dengan melepaskan nyamuk ke wilayah yang lebih luas lagi agar dapat mengetahui efektivitas Wolbachia dalam pemberantasan dengue.

Kemudian, penelitian yang kedua, datang dari Prof Dr Daniel Murdiyarso yang memaparkan pentingnya menyelamatkan hutan bakau di Indonesia yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 31 persen.

Prof Dr Daniel Murdiyarsomelakukan penelitian sejak 4 tahun lalu. Dari Penelitiannya itu ditemukan bahwa Indonesia merupakan gudang karbon hutan bakau dunia. Namun, deforestasi dan budidaya perairan merupakan ancaman yang serius.

Yang ketiga tentang gempa. Penelitian ini dilakukan oleh Prof Sri Widiyantoro yang mengungkap informasi tentang isi bumi. Data-data gempa yang ditangkap seismometer mendeteksi dan menangkap isi bumi secara tiga dimensi. Meskipun, belum dapat digunakan untuk memperkirakan gempa dalam jangka pendek, data-data tersebut dapat digunakan untuk mitigasi gempa jangka panjang.

Dan yang keempat datang dari Dr Robby Muhammad yang meneliti tentang pembuktian teori tahun 1976 dari Stanley Milgram, tentang six degrees of separation atau enam derajat pemisahan.

Penelitiannya ini berdampak besar dalam ilmu sosial. Terlebih dengan pengembangan internet yang menyimpan data perilaku serta interaksi manusia dari berbagai belahan dunia. Triliunan data di dunia maya, dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi kehidupan, selain juga harus disikapi bijak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s