Ilmuwan Temukan Megastruktur Buatan “Alien”?

Ilustrasi megastruktur buatan alien.

Ilmuwan telah menemukan sebuah bintang aneh yang disebut kemungkinan dikelilingi benda besar yang dibuat alien. Adalah bintang KIC 8462852 yang berjarak 1.480 tahun cahaya yang sudah dipantau Kepler Space Telescope selama lebih dari 4 tahun sejak 2009 lalu.

Bintang tersebut memancarkan fluktuasi sinar yang aneh dimana berbagai penjelasan secara ilmiah tak mampu menjawab keanehan tersebut.

“Kami belum pernah melihat sesuatu seperti yang terjadi pada bintang ini,” kata Tabetha Boyajian – ilmuwan dari Universitas Yale kepada The Atlantic.

“Ini sangat aneh. Kami sempat berpikir bahwa hal itu karena data yang buruk, pergerakan pesawat serta aneka hal yang lainnya.”

Boyajian baru-baru ini mempublikasikan makalah dalam jurnal online arxiv yang memaparkan kemungkinan terjadinya anomali dari KIC 8462852.

“Sepanjang durasi misi Kepler, KIC 8462852 diketahui mengalami perubahan bentuk yang tak lazim, penurunan tingkat cahaya hingga di bawah 20%,” demikian pernyataan dari riset yang dilakukan Boyajian bersama tim dari situs crowdsource Planet Hunters.

Proyek Kepler Space Telescope melihat penurunan cahaya yang dipancarkan dari lebih 150.000 bintang secara simultan. Umumnya penurunan cahaya ini terjadi karena bayangan planet yang melewati bintang tersebut.

Karena pola penurunan cahaya pada KIC 8462852 tak terjadi di 150.000 bintang lainnya, tim Boyajian memaparkan adanya sesuatu yang aneh terjadi di area tersebut.

Menurut Boyajian kepada The Atlantic, ia mempertimbangkan skenario lain yang mungkin terjadi di area bintang KIC 8462852. Anomali tersebut kemungkinan adanya struktur besar buatan alien yang mengelilingi bintang tersebut.

“Sudah seharusnya alien menjadi hipotesa terakhir yang bisa dipertimbangkan,” kata Jason Wright, seorang astronomer dari Penn State kepada The Atlantic.

“Kendati begitu ini adalah sesuatu (anomali) yang Anda harapkan terjadi karena benda buatan alien.”

Menurut Wright, keanehan pada pola cahaya KIC 8462852 konsisten dengan kumpulan megastruktur yang kemungkinan adalah kolektor cahaya – sebuah teknologi yang didesain untuk menampung enerji dari bintang.

Kendati begitu jika kumpulan megastruktur buatan alien itu memang ada, menurut teori teleskop bisa mendeteksi pancaran sinar infra merah darinya. Hingga saat ini belum ditemukan adanya pancaran sinar infra merah dari lokasi KIC 8462852 saat anomali terjadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: