5 Kebiasaan Mengganggu Kecerdasan

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas, bukan? Banyak orang yang memilih memecahkan teka-teki silang, membaca buku atau melakukan hal lainnya untuk mempertajam otak. tetapi, dalam beberapa hal orang juga tidak menyadari ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang biasa kita lakukan bisa mempengaruhi kemampuan otak. Beberapa diantaranya mampu meningkatkan kecerdasan otak, namun beberapa hal lainnya justru menyakiti otak kita. Melansir dari menshealth.com, berikut ini merupakan lima kebiasaan yang bisa mempengaruhi kecerdasan otak kamu.

1. Khawatir tentang uang

Terlalu sibuk dengan masalah keuangan dapat menyebabkan kamu mengambil keputusan lebih lambat, kurang bertanggung jawab dan menurunkan kemampuan otak untuk fokus. Studi yang diterbitkan dalam the journal Science menyarankan untuk membatasi pikiran mengenai keuangan. Bebaskan sedikit ruang pada otak untuk memungkinkan kamu melakukan hal-hal lain yang lebih baik.

2. Membatasi jaringan sosial

Menurut hasil penelitian dari Oxford University, orang-orang yang memiliki jaringan sosial yang lebih besar memiliki otak yang lebih besar pada bagian yang terhubung dengan tanggung jawab, pengambilan keputusan, dan tindakan pelacakan lainnya. Orang-orang yang memiliki banyak teman menggunakan bagian-bagian tertentu dari otak, dan otak beradaptasi untuk melangkah pada tantangan tersebut.

3. Menggunakan GPS

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa sopir taksi yang sering menggunakan GPS berpengaruh pada otak, khususnya pada bagian hippocampus. Hal tersebut meningkatkan materi abu-abu pada hippocampus yang menyebabkan mereka memiliki ingatan yang lebih baik. Para peneliti berkesimpulan bahwa setiap tugas yang manantang kemampuan mental akan mengubah struktur otak dan meningkatkan daya ingat seseorang.

4. Tidur siang

Tidur siang mungkin terlihat menghabiskan waktu, tetapi mendapatkan tidur siang ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak kamu. Sebuah penelitian di jerman melakukan penelitian dengan melibatkan peserta yang mendapatkan tidur siang selama 40 menit setelah belajar.Hasilnya 85% dari mereka mendapatkan nilai lebih baik pada tes memori dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan tidur siang. Tidur setelah belajar bisa membantu mempercepat proses ketahanan informasi dalam otak.

5. Bertahan pada satu hobi

Otak menanggapi latihan dengan cara yang sama seperti yang otot kamu lakukan. Ketika kamu mencoba sesuatu yang baru, maka dia akan menjadi lebih kuat. Tetapi ketika kamu hanya melakukan rutinitas yang sama, kemanapun kamu untuk menghadapi permasalahan yang sulit akan menurun. Ini adalah hasil penelitian dari Mind Research Network dengan melihat respon orang terhadap permainan teka-teki.

Ketika para peserta pertama kali diajarkan mengenai teka-teki tersebut, otak mereka menggunakan lebih banyak glukosa. Glukosa memberikan otak energi untuk membantu meningkatkan koneksi saraf dan berujung pada peningkatan kemampuan belajar. Tetapi hal yang sama tidak terlihat setelah mereka melakukannya untuk kesekian kali.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan kebiasaan yang ternyata berpengaruh pada kecerdasan otak kamu. Tentunya kamu akan lebih bijak dengan menghindari kebiasaan yang membuat otak kamu kehilangan kecerdasannya, bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s